Rabu, 02 Agustus 2017

Pengaruh UMKM Terhadap Otonomi Daerah

Tugas 2

PENGARUH UMKM TERHADAP OTONOMI DAERAH



Disusun oleh :

1EB17
Kelompok 07

Dosen            : Antoni, SE., MM


Nama Kelompok :

  1.           Selfi Damayanti                                                                  (26216894)
  2.      Sonny Armansya                                                                (27216127)
  3.           Syaras Ayuning Tyas                                                         (27216249)
  4.           Wafa Atika Warsono                                                          (27216576)
  5.   `      Wicaksono Bagus Kurniawan                                          (27216621)



PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2017


ABSTRAK

Usaha Mikro Kecil dan Menengah disingkat UMKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri. UMKM merupakan sektor usaha yang bersentuhan langsung dengan aktifitas ekonomi rakyat sehari-hari. UMKM bahkan ada yang tidak pernah mengalami sentuhan manajemen usaha, segala sesuatunya berjalan begitu saja, sebagai suatu wujud komitmen untuk menghidupi keluarga, melayani sesama, memberikan pekerjaan kepada saudara atau tetangga. Tak heran sektor ini paling sering dikelompokkan sebagai yang tidak bankable (tidak memenuhi syarat untuk dilayani kredit perbankan).
Usaha Mikro kecil dan menegah (UMKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara ataupun daerah, termasuk di Indoesia. Usaha kecil dan menengah ini sangat berperan dalam penyerapan tenaga kerja dan UMKM juga sangat produktif dalam menghasilkan tenaga kerja baru dan dapat menambah jumlah unit usaha baru yang mendukung pendapatan rumah tangga dari UMKM tersebut. Usaha kecil menengah juga memiliki fleksibilitas usaha yang bagus jika dibandingkan usaha yang berkapasitas besar. Dulu UMKM belumlah mendapat perhatian yang penuh dari pemerintah, tapi sekarang pemerintah sedang menggalakkan program-program untuk peningkatan UMKM yang ada di  Indonesia serta memberikan perhatian yang khusus kepada UMKM tersebut.
Kata kunci : UMKM, Penyerapan tenaga kerja, pendapatan, peningkatan UMKM


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga dapat menyelesaikan UMKM.
        Tugas ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Perekonomian Indonesia dan Dalam tugas ini tersaji tentang Ruang lingkup Usaha mikro kecil dan menengah Tugas ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang pengertian Usaha mikro kecil dan menengah.
         Kami tahu bahwa tugas yang kami buat ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, setiap kritik dan saran dari pembaca sangat kami harapkan guna perbaikan paper ini.
        Kritik dan saran dari semua pihak yang sifatnya membangun untuk penyempurnaan paper ini,selalu kami nantikan.akhirnya semoga tugas ini bermanfaat bagi kita semua.

DAFTAR ISI









BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UMKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis moneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya. Saat ini, UMKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia.
UMKM  merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang. Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa UMKM hanya menguntungka pihak-pihak tertentu saja. Padahal sebenarnya UMKM sangat berperan dalam mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia. UMKM dapat menyerap banyak tenaga kerja Indonesia yang masih mengganggur. Selain itu UMKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah maupun pendapatan negara Indonesia.
UMKM juga memanfatkan berbagai Sumber Daya Alam yang berpotensial di suatu daerah yang belum diolah secara komersial. UMKM dapat membantu mengolah Sumber Daya Alam yang ada di setiap daerah. Hal ini berkontribusi besar terhadap pendapatan daerah maupun pendapatan negara Indonesia. 

1.2 Rumusan Masalah

Dari latar belakang masalah diatas dapat dirumuskan rumusan masalah sebagai berikut :

  1. Apa Pengertian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah?
  2. Bagaimana Ciri-ciri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah?
  3. Bagaimana Kriteria Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang sukses?

1.3 Tujuan

Tujuan dari disusunnya makalah ini adalah agar pembaca :

  1.       Dapat mengetahui pengertian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
  2.       Ciri-ciri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
  3.       Kriteria Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
  4.       Kriteria Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang Sukses.
  5.       Contoh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah  yang Sukses.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 KAJIAN TEORI

2.1.1 Pengertian UMKM

UMKM adalah singkatan dari usaha mikro, kecil, dan menengah. UMKM adalah salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah, begitu juga dengan negara Indonesia UMKM ini sangat memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian masyarakat. UMKM ini juga sangat membantu negara/pemerintah dalam hal penciptaan lapangan kerja baru dan lewat UMKM juga banyak tercipta unit unit kerja baru yang menggunakan tenaga-tenaga baru yang dapat mendukung pendapatan rumah tangga. Selain dari itu ukm juga memiliki fleksibilitas yang tinggi jika dibandingkan dengan usaha yang berkapasitas lebih besar. UMKM ini perlu perhatian yang khusus dan di dukung oleh informasi yang akurat, agar terjadi link bisnis yang terarah antara pelaku usaha mikro, kecil dan menengah dengan elemen daya saing usaha, yaitu jaringan pasar.
Pengertian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah menurut Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah :
·         Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.
·         Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini.
·         Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.

2.1.2  Ciri-ciri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)

a. Ciri-ciri Usaha Mikro

·         Jenis barang/komoditi usahanya tidak selalu tetap, sewaktu-waktu dapat berganti;
·         Tempat usahanya tidak selalu menetap, sewaktu-waktu dapat pindah tempat;
·   Belum melakukan administrasi keuangan yang sederhana sekalipun, dan tidak memisahkan keuangan keluarga dengan keuangan usaha;
·       Sumber daya manusianya (pengusahanya) belum memiliki jiwa wirausaha yang memadai;
·       Tingkat pendidikan rata-rata relatif sangat rendah;
·      Umumnya belum akses kepada perbankan, namun sebagian dari mereka sudah akses ke lembaga keuangan non bank;
·       Umumnya tidak memiliki izin usaha atau persyaratan legalitas lainnya termasuk NPWP.
·       Perputaran usaha (turn over) cukup tinggi, kemampuannya menyerap dana yang mahal dan dalam situasi krisis ekonomi kegiatan usaha masih tetap berjalan bahkan terus berkembang;
·        Tidak sensitive terhadap suku bunga;
·        Tetap berkembang walau dalam situasi krisis ekonomi dan moneter;
·      Pada umumnya berkarakter jujur, ulet, lugu dan dapat menerima bimbingan asal dilakukan dengan pendekatan yang tepat.

b. Ciri-ciri Usaha Kecil
·        Jenis barang/komoditi yang diusahakan umumnya sudah tetap tidak gampang berubah;
·        Lokasi/tempat usaha umumnya sudah menetap tidak berpindah-pindah;
·  Pada umumnya sudah melakukan administrasi keuangan walau masih sederhana, keuangan perusahaan sudah mulai dipisahkan dengan keuangan keluarga, sudah membuat neraca usaha;
·        Sudah memiliki izin usaha dan persyaratan legalitas lainnya termasuk NPWP;
·        Sumberdaya manusia (pengusaha) memiliki pengalaman dalam berwira usaha;
·        Sebagian sudah akses ke perbankan dalam hal keperluan modal;
·        Sebagian besar belum dapat membuat manajemen usaha dengan baik seperti business planning.

c. Ciri-ciri Usaha Menengah
·     Pada umumnya telah memiliki manajemen dan organisasi yang lebih baik, lebih teratur bahkan lebih modern, dengan pembagian tugas yang jelas antara lain, bagian keuangan, bagian pemasaran dan bagian produksi;
·   Telah melakukan manajemen keuangan dengan menerapkan sistem akuntansi dengan teratur, sehingga memudahkan untuk auditing dan penilaian atau pemeriksaan termasuk oleh perbankan;
·  Telah melakukan aturan atau pengelolaan dan organisasi perburuhan, telah ada Jamsostek, pemeliharaan kesehatan dll;
·    Sudah memiliki segala persyaratan legalitas antara lain izin tetangga, izin usaha, izin tempat, NPWP, upaya pengelolaan lingkungan dll;
·         Sudah akses kepada sumber-sumber pendanaan perbankan;
·         Pada umumnya telah memiliki sumber daya manusia yang terlatih dan terdidik.

2.1.3    Kriteria UMKM  yang Sukses

Ø  Uang yang mencari kita, bukan kita mencari uang. Maksudnya adalah ketika mendirikan usaha, konsumen yang datang mencari produk. Bukan produk ditawarkan untuk memperoleh konsumen.
Ø   Jumlah pembeli terus bertambah.
Ø  Jumlah omzet terus meningkat.
Ø  Penghasilan dapat menutup biaya operasional.
Ø  Dapat menyisihkan laba untuk mengembangkan usaha.
Ø  Dapat mendelegasikan tugas.
Ø  Jumlah unit usaha terus bertambah.
Ø  Mampu menyejahterakan pemilik usaha.
Ø  Diakui dan atau memiliki prestasi.

BAB III
HASIL PENELITIAN


1. PISCOK MELEERR


I. VISI DAN MISI
VISI
1. Menjadikan usaha piscok meler ini lebih berkembang
2. Dapat membuka cabang cabang di lain tempat agar para para pencinta piscok meler dapat menjangkau kami
MISI     
1. Menjadikan piscok meler menjadi makanan unik dan berkualitas
2. Mengenalkan pada masyarakat pada piscok meler adalah makanan praktis yang mudah untuk di bawah.

II. PROFILE
BIOGRAPHY USAHA
Pemilik : Pak Andi
Di dirikan : 2015
Harga :Rp.  2000/pcs
Alamat : Jl. Sedap Malam,Taman galaxy

BIOGRAPHY PEMILIK
Nama : Pak Andi
Umur : 24
No Hp : 085864947655
III. SEJARAH BERDIRINYA
Piscok meleer berdiri pada tahun 2015,yang didirikan oleh pak Andi.sebelumnya pak Andi seorang karyawan piscok meleer,pada suatu perusahaan piscok yang kantor pusatnya di Pasar baru Bekasi.pada saat itu ada 25 rekan kerjanya yang menjadi karyawan di perusahaan tersebut dan perusahaan meminjamkan grobaknya ke pada setiap karyawan.saat itu pak Andi di utus oleh perusahaan untuk berjualan di jalan sedap malam taman galxy.
 Satu tahun berlalu Omset perusahaan menurun,yang mengakibatkan perusahaan harus memberhentikan karyawanan dan menjual grobaknya.karna pak Andi berhenti menjadi karyawan,pak Andi pun saat itu membeli grobak perusahaannya.kebetulan pak Andi selama kerjanya nabung dan uang yang di tabung di jadikan modal bukak piscok meleerr sendiri di tempat yang sama yaitu jl sedap malam,taman galaxy.
IV. MANAJEMEN KEUANGAN
   Piscok pak Andi sehari laku 120/pcs,dengan penghasilan sehari RP. 200.000.yang setiap bulannya penghasilan pak Andi Rp. 7.200.000 selama pak Andi jualan omset nya naik yang dulunya hanya laku 80/pcs,kemudian 100/pcs dan alhamdulillah sekarang laku 120/pcs.
V. PENGARUH TERHADAP OTONOMI DAERAH
1. Jalan menjadi rame karna di sekitar pak Andi jualan banyak orang yang berjualan
2. Bisa mengenalkan pada masyarakat bahwa piscok bisa mempunyai varian lain yaitu Piscok Meleerr dengan ciri kas coklat yang Meleer di mulut.


2.SUICIDE ANTHEM



I. VISI DAN MISI
Visi : Membangun umkm ini menjadi salah satu usaha dibidang fashion/clothing store yang selalu terupdate dan dapat dipercaya
            Misi : 
1. Memberikan pelayanan yang baik kepada para konsumen
2. Menampilkan fashion-fashion yang menginspirasi
3. Menjadi usaha fashion yang selalu update terhadap perkembangan kemajuan zaman
4. Memberikan kualitas barang terbaik
5. Menawarkan harga-harga yang sesuai dengan kualitas barang

II. PROFILE
Alamat         : Jl. Sedap Malam Blok L No.15/16 dekat gapura Grand Galaxy City, Jaka Setia, Taman Galaxy-Bekasi, Jawa Barat, 17147, Indonesia.
            No. Telp       : +62 813-1700-8526
            Email           : suicide_atm@yahoo.com
III. SEJARAH PERUSAHAAN
            Clothing store ini didirikan pada tanggal 29 Januari 2007, usaha ini merupakan usaha perseorangan atau didirikan bukan oleh suatu badan usaha. Awalnya clothing store ini hanya mempunyai 1 cabang saja namun seiring berubahnya zaman dan semakin trendynya fashion-fashion yang konsumen inginkan maka sekarang clothing store ini sudah mempunyai 3 cabang di 3 kota besar yaitu di Bekasi, Bogor dan Purwakarta dengan rata-rata omset sebesar Rp.50jt/bulan. Clothing brand ini tidak hanya menjual di store saja namun sudah terkenal bahkan mudah dan seringkali kita temukan dalam kegiatan bazar atau expo clothing community.
IV. MANAJEMEN KEUANGAN
            Sumber perolehan dana yang paling utama dari awal berdirinya clothing store ini adalah dari dana pribadi pemilik (modal pemilik). Penggunaan dana dari modal awal yang ada digunakan untuk membeli bahan-bahan untuk kegiatan tekstil membuat baju, topi, sweater dll. Penggunaan dana ini juga digunakan untuk jangka panjang dan jangka pendek. Penggunaan jangka panjangnya antara lain digunakan untuk membeli peralatan dalam membuat barang yang akan dijual seperti mesin jahit, alat pemotong bahan, CCTV, komputer, dll. Sedangkan penggunaan dana jangka pendeknya antara lain untuk membeli bahan, benang, gaji karyawan, dll. Selanjutnya kegiatan dalam manajemen keuangan ini yaitu pengelolaan aset, setelah store ini mengeluarkan dana untuk keperluan produksinya maka harus ada sisa dana atau dana yang harus disimpan sebagai bentuk investasi, perbaikan alat yang rusak dan untuk pengelolaan aset lainnya (aktiva).
V. PENGARUH TERHADAP OTONOMI DAERAH
            Clothing store ini mempunyai beberapa dampak yang dapat mempengaruhi otonomi daerah dilingkungan dimana store tersebut dibuka, antara lain :

  • Mengurangi tingkat pengangguran, store ini mengambil para pemuda dilingkungan tersebut yang mungkin sudah lama menjadi pengangguran dan sekarang bisa bekerja di store ini.
  • Pemilik harus meminta izin terlebih dahulu kepada pemerintah daerah setempat
  •  Mampu memajukan daerah tersebut
  •   Meningkatkan pendapatan daerah tersebut
  • Membuat daerah yang ditempati menjadi ramai dan banyak dikunjungi oleh masyarakat luas


3.KUE SAMIR ANIS TEGAL


I. VISI DAN MISI
VISI
Menjadikan usaha ini lebih berkembang dan dapat membuka cabang cabang di lain tempat agar para para pencinta kue samir dapat menjangkau kami
MISI
1. Mempertahankan citra rasanya
2. Selalu ingin memberikan beberapa citra rasa baru untuk membuat konsumen tidak bosan dengan rasa ya telah ada
3. Selalu ingin memberikan yang terbaik bagi pecinta kuliner kue samir

II. PROFILE
BIOGRAPHY USAHA
Pemilik : Pak Supardi
Di dirikan : 2011
Harga :Rp.  1000/pcs
Rasa : 1. Pisang
            2. Coklat
            3. Keju

            4. Nanas
            5. Stroberry
Alamat : Jl. Ki Mangun Sarkoro (Depan SDIT Salsabila Bekasi)
BIOGRAPHY PEMILIK
Nama : Pak Supardi
Umur : 30 tahun
No Hp : 087877763652


III. SEJARAH BERDIRINYA
 Kue Samir Anis Tegal didirikan pada Maret 2011,yang di dirikan oleh pak Supardi.sebelumnya pak Supardi belajar kepada kakaknya yang bernama pak Tomirin yang mempunyai usaha kue Samir Tegal di cikarang dan jln juanda stasiun bekasi.setelah pak Supardi selesai belajar masak kue samir,pak supardi di cariin tempat oleh kakaknya di jl. Ki mangun sarkoro.nama kue samir Anis tegal di ambil dari nama anak pak Supardi yang bernama Anis dan tegal berasal dari daerah asal pak Supardi.
Sekarang pak Supardi kerja sama bersama kakaknya,yaituh untuk daerah ki mangun sarkoro kalau ada pesanan ultah atau pesta itu yang ambil pak supardi.walaupun orang mesannya kepada pak Tomirin tapi tetap pak Tomirin ngasih ke pak Supardi.begitu juga kalau ada orang yang mesan ke pak Supardi untuk daerah cikarang atau stasiun Bekasi,maka pak supardi kasih ke kakaknya.
IV. MANAJEMEN KEUANGAN
Kue samir pak Supardi penghasilannya setiap hari kurang lebih Rp. 200.000 dengan omset jualannya sekitap bulan kurang lebih Rp. 6.000.000 /bulan.dan beberapa bulan ini omset pak supardi terus naik.
V. PENGARUH TERHADAP OTONOMI DAERAH
1. Bisa bantu masyarakat dalam menyiapkan makanan dalam acara ultah,resepsi pernikahan dan acarah lain lainnya.
2. Bisa melihatkan kepada masyarakat sekitar usaha baru dalam bidang jajanan kuliner.


4.IPPO FRIED CHICKEN


I. VISI DAN MISI
Visi :
            Menjadi usaha fried chicken dengan pelayanan terbaik dengan mewujudkan produk IPPO Fried Chicken yang digemari masyarakat dengan produk yang unik, halal, nikmat, serta memberikan kepuasan kepada pelanggan yang merupakan hal utama bagi kami.
Misi :
Mewujudkan produk IPPO Fried Chicken yang inovatif,dan berkualitas dengan harga yang berpatutan, membangun dan membina hubungan kerjasama dengan usaha,  lembaga dan pihak-pihak lain berdasarkan prinsip saling mendukung dan menguntungkan.

II.PROFILE
Nama               : IPPO Fried Chicken
Pemilik            : H. Hidayat Widyatmo
Berdiri             : Desember 2006
Alamat            : Ruko prima harapan regency Blok C3 Kota Bekasi
Telepon           : 021-88863888
Jenis Usaha     : Bisnis Makanan
Email              : ippofriedchicken@yahoo.com
Website           : http://www.ippofc.com/

III. SEJARAH BERDIRINYA
Sebelumnya bisnis ayam crispy atau ayam chicken atau ayam yang diusap dengan terigu kering didominasi oleh restoran-restoran cepat saji, seperti texas fried chicken, Kentucky fried chicken, atau Mcdonald. Meskipun dilihat dari segi cita rasa dan penampilan memang enak dan menarik sehingga menarik nilai jual yang tinggi, namun rata-rata harganya mahal sehingga tidak semua orang bisa menikmatinya. Atas pemikiran ini, bpk. Hidayat mulai berinovasi dengan menciptakan ayam crispy yang menyerupai merek-merek diatas yang diberi nama IPPO Fried Chicken dengan harga yang lebih murah agar dapat dinikmati semua kalangan.
Berdirinya Ippofc dilatarbelakangi oleh pemberhentian tenaga kerja oleh sebuah perusahaan. Sosok yang diberhentikan tersebut tidak lain adalah sang pendiri perusahaan, yaitu bpk. Hidayat. atau lebih tepatnya melakukan pengunduran diri. beliau mengaku mempunyai perbedaan pendapat dengan atasannya. Perbedaan pendapat tersebut menjadi alasan pengunduran diri. Selepas pengunduran diri tersebut, beliau mengaku sempat bingung bagaimana caranya menghidupi keluarga. Lalu terlintas dalam pikiran nya untuk mendirikan sebuah usaha makanan cepat saji yaitu Fried Chicken yang diberi nama IPPO Fried Chicken. IPPOFC didirikan pada tahun 2006, pada saat itu IPPOfc hanya memiliki 1 cabang di Wisma Asri depan sekolah Mutiara. Tapi sekarang sudah mencapai lebih dari 20 cabang. Outlet-outlet tersebut tersebar hingga ke Bogor, dan Cikarang. Outlet-outlet tersebut terus bertambah dan menjamah daerah-daerah terpencil.

Produk yang ditawarkan oleh IPPO Fried Chicken termasuk produk yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat yaitu berupa Ayam goreng tepung atau yang lebih dikenal dengan sebutan Fried Chicken, kentang goreng, chicken burger.
Menu yang ditawarkan :                           

IV. MANAJEMEN KEUANGAN
Modal usaha yang dikeluarkan berasal dari modal pribadi. Modal tersebut digunakan untuk belajar membuat fried chicken, membeli peralatan seperti deep fryer, gas cooker, perlengkapan memasak, penghangat nasi dan mengorder kertas laminasi serta bahan-bahan lain yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha. Pihak manajemen keuangan juga mengelola yang dibantu oleh tenaga kerja chasier sebagai orang yang mencatat transaksi. Jadi hal pertama yang dilakukan adalah mencatat segala pengeluaran dan pendapatan disetiap akhir bulan, dari pencatatan  tersebut dapat mengetahui transaksi apa saja yang telah terjadi pada 1 bulan ini atau setiap bulannya. Dari keuntungan yang  didapat digunakan untuk membuka cabang baru.
Pemasukan :
Omzet rata - rata/hari              = Rp. 550.000
Omzet rata - rata/bulan           = Rp. 16.500.000
V. PENGARUH TERHADAP OTONOMI DAERAH
Memberi lahan untuk para pencari kerja agar dapat mengurangi tingkat pengangguran, dapat meningkat jumlah tenaga kerja, mengurangi tingkat kemiskinan khususnya di daerah sekitar (IPPO Fried Chicken).



5.LONDRE


I. VISI DAN MISI
Visi : Menjadi sebuah badan usaha umkm yang memiliki tanggung jawab dan memberi pelayanan yang baik untuk para konsumen
Misi : 

  1.  Memberikan pelayanan yang baik sesuai keinginan konsumen
  2. Menawarkan harga yang pas untuk konsumen
  3. Membantu konsumen mengefisienkan pekerjaan rumah tangga
  4. Membuat konsumen percaya akan jasa yang diberikan

II. PROFILE PERUSAHAAN
Alamat            : PT. Italindo Citramodern
Jl. Taman Aster Blok L5 No.12, Taman Galaxy-Bekasi, 17147, Jawa Barat, Indonesia
Telp                : +81 28-958-0707 atau (021) 74632333
Fax                  : (021) 74635495
Email              : customer_service@londre.co.id
III. SEJARAH PERUSAHAAN
Londre laundry ini didirikan tahun 2009, usaha ini merupakan usaha yang didirikan oleh perseroan terbatas (PT). Pusat laundry ini ada di Ciputat Tangerang Selatan, namun saat ini umkm dibidang jasa ini sudah membuka cabang diberbagai daerah. Diperkirakan sudah sampai puluhan bahkan ratusan cabang diseluruh daerah di Indonesia. Mayoritas londre ini berada didaerah perumahan dan perkotaan yang biasanya masyarakatnya sibuk dan tidak mau repot, diperkirakan omset yang dicapai tiap bulannya sekitar 50-60jt. Laundry ini akan terus berinovasi dan mungkin akan lebih banyak membuka cabang lagi.

IV. MANAJEMEN KEUANGAN
Sumber perolehan dana yang paling utama dari awal berdirinya londre laundry ini adalah dari dana gabungan para pemil atau badan usaha yang berbentuk perseroan terbatas (PT). Penggunaan dana dari modal awal yang ada digunakan untuk membeli aset-aset yang penting yang sangat diperlukan terlebih dahulu. Penggunaan dana ini juga digunakan untuk jangka panjang dan jangka pendek. Penggunaan jangka panjangnya antara lain digunakan untuk membeli peralatan dalam membuat barang yang akan dijual seperti mesin cuci, alat setrika, AC, kipas, mesin kasir, dll. Sedangkan penggunaan dana jangka pendeknya antara lain untuk membeli pewangi pakaian, pembersih pakaian, dll. Selanjutnya kegiatan dalam manajemen keuangan ini yaitu pengelolaan aset, setelah laundry ini mengeluarkan dana untuk keperluan produksinya maka harus ada sisa dana atau dana yang harus disimpan sebagai bentuk investasi, perbaikan alat yang rusak dan untuk pengelolaan aset lainnya (aktiva).

V. PENGARUH TERHADAP OTONOMI DAERAH
Londre laundry ini mempunyai beberapa dampak yang dapat mempengaruhi otonomi daerah dilingkungan dimana store tersebut dibuka, antara lain : 

  1. Mengurangi tingkat pengangguran, londre ini mengambil para pemuda dilingkungan tersebut yang mungkin sudah lama menjadi pengangguran dan sekarang bisa bekerja di store ini.
  2. Pemilik harus meminta izin terlebih dahulu kepada pemerintah daerah setempat
  3. Mampu memajukan daerah tersebut
  4. Meningkatkan pendapatan daerah tersebut
  5. Membantu mengefisienkan pekerjaan rumah tangga dilingkungan yang ditempati
  6.  Menjaga lingkungan daerah setempat
  7. Memanfaatkan SDA dan SDM dengan baik dan benar

6.PACCO CUCI STEAM


I. VISI DAN MISI
Visi :
Menjadikan “Pacco” menjadi salah satu  usaha jasa dibidang cuci motor yang paling maju, produktif, dan berkompetitif di Indonesia. 
Misi :           
1.  Memberi pelayan prima pada konsumen.
2. Menciptakan tenaga kerja yang ahli dan kompeten dalam bidangnya, serta memiliki iman dan taqwa, ilmu pengetahuan.
3.  Memperluas lapangan kerja untuk kemakmuran masyarakat sekitar “Pacco” pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.
II. PROFILE
Nama               : Pacco Cuci Steam
Pemilik            : Bagas
Berdiri             : Februari 2016
Alamat            : Jl. Mekar Sari No.28, Bekasi Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat
Telepon           : 087788746411
Jenis Usaha     : Usaha Jasa ( Cuci Motor ), serta cafe
III. SEJARAH BERDIRINYA
Usaha cuci steam “Pacco” terletak di Jl. Mekarsari No.28 Bekasi Timur, yang didirikan oleh Bapak.Bagas pada tahun 2016. Cuci steam dinilai “sangat tepat untuk sebuah pemilihan usaha yang cukup menjanjikan” menurut beliau ujarnya. Alasannya karena Pengguna sepeda motor di Indonesia semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun, khususnya di daerah Bekasi.  Pada permulaan pembentukan usaha ini “Pacco” hanya memiliki 3 orang Karyawan dan hanya bergerak dalam pencucian sepeda motor saja. Akan tetapi setelah mengalami kemajuan dalam usahanya, maka beliau berusaha untuk memperluas bidang  usahanya dengan menambahkan cafe yg terletak di lantai 2.

IV.MANAJEMEN KEUANGAN
Modal usaha dari dana pribadi, untuk membeli peralatan cuci. Membuat anggaran arus kas dengan mencatat setiap dana yang masuk dan keluar. Memisahkan antara uang pribadi dengan keuangan cuci steam. Melakukan penentuan harga sesuai dengan dana yang di keluarkan dan juga menyesuaikan dengan harga pasar
Pemasukan :
Omzet rata – rata /hari            = 30 motor x Rp. 15.000 = Rp. 450.000
Omzet rata – rata /bulan          = Rp.13.500.000

V. PENGARUH TERHADAP OTONOMI DAERAH
Memberikan kesempatan kerja, selain itu juga dapat memberdayakan masyarakat sekitar dengan menyediakan lapangan pekerjaan, sehingga mampu meningkatkan taraf hidup mereka



7.JAKCLOTH STORE


I. VISI DAN MISI
Visi:
1. berusaha memberikan yang terbaik dalam usaha clothing guna memuaskan konsumen,sehingga distro kami lebih unggul.
2. menyediakan kwalitas barang/produk yang unggulan dan bersaing dengan mutu terbaik.
3. memenuhi dunia fashion anak muda dan khususnya pecinta clothing distro.

Misi:
1. menghasilkan produk terbaik dan berkwalitas,sehingga banyak konsumen yang minat.
2. menyakinkan konsumen dengan memberikan pameran distro dalam tiap bulan guna baju/clothing yang terbaru.
3. pantang menyerah demi kemajuan dan kepuasan konsumen.
II. PROFIL PERUSAHAAN
Alamat            : Jl. Taman Galaxy Blok. A No.39, Jaka Setia  Bekasi , 17124
No Telp           : (021) 8203720

III. SEJARAH BERDIRINYA
JakCloth pertamakali diadakan pada bulan Juli 2009, pada awalnya, event ini diadakan setahun sekali, sehingga karena antusias besar dari pengunjung, JakCloth sekarang diadakan 2x dalam setahun, bahkan seringpula diadakan juga event tambahan berupa Mini JakCloth. Ini menandakan bahwa sebetulnya minat pengunjung sangat besar akan produk-produk lokal yang sekarang banyak diproduksi dan dijual.
Selain stand-stand yang menjual produk-produk clothing dan distro, terdapat pula panggung musik dibeberapa titik, panggung ini juga diisi oleh penampilan grup-grup band lokal dengan berbagai macam aliran, tentunya bertujuan untuk menyemarakkan acara dan untuk mengurangi rasa jenuh pengunjung. Stand-stand yang menjual berbagai macam makan juga menunggu untuk mengisi perut-perut pengunjung yang lelah setelah berputar-putar. JakCloth mempunyai banyak cabang diantaranya tebet, bogor, tangerang, bintaro dan salah satunya di bekasi. Jakcloth yang berlokasi di Jl. Taman Galaxy berdiri pada Mei 2015 dan nama pendirinya adalah Riyan Iskandar. Jam buka JakCloth senin-minggu pukul 10.00-22.00
IV. MANAJEMEN KEUANGAN
Selama delapan tahun membangun JakCloth dari nol hingga sukses seperti sekarang ini, ia terus melakukan perbaikan sana-sini. Hingga 2013, keuangan JakCloth mulai sehat dan stabil dan mencapai pendapatan tertinggi sebesar Rp3 miliar. Bahkan, setiap penyelenggaraan JakCloth, bisa meraup untung miliaran rupiah.
V. PENGARUH TERHADAP OTONOMI DAERAH
·         Setiap tahunnya penghasilan pada UMKM jakcloth di daerah Taman galaxy terus meningkat
·         Jakcloth selalu menghadirkan musisi dari  kalangan Indie, Musisi lokal, sampai musisi mancanegara
·         Hampir semua brand yang meramaikan event tahunan Jakcloth selalu membuat produk baru yang di khususkan untuk dijual di ajang Jakcloth



8.LA BAGEN ROTI BAKAR


I. VISI DAN MISI
Visi
- Menjadi brand Nasional dan pimpinan pasar usaha Roti bakar di Indonesia
- Memaksimalkan suatu pendapatan dengan meminimalkan pengeluaran
- Menciptakan lapangan kerja bagi mahasiswa ataupun orang biasa

 Misi
- Menyediakan berbagai variasi produk roti popular yang enak lejat dan unik
- Melakukan berbagai promosi lewat media online seperti : facebook, twitter, dll
- Memberikan faslitas yang memungkinkan bagi kepuasan pelangggan

II. PROFIL PERUSAHAAN
Alamat             :Jl. KH. Agus Salim No.66, Bekasi Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat
No. Telp          : 081238318659
III. SEJARAH BERDIRINYA
Berawal dari persahabatan delapan orang yang sejak duduk di bangku SMP hingga kini masih berlanjut, maka tercetuslah sebuah ide untuk membuka sebuah Kedai atau Warung Roti Bakar yang mereka beri nama LA-BAGEN” yang berlokasi di Jalan Raya Agus Salim, Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. Kata “BAGEN” merupakan kata asal dari Bekasi yang mempunya arti “Biarin”. LA-BAGEN sebuah Warung Roti Bakar yang menyesuaikan keinginan para kalangan anak muda, khususnya anak muda Kota Bekasi untuk menghilangan jenuh sambil nongkrong dan bersosialisasi sambil menikmati berbagai menu hidangan sesuai yang diinginkan. La Bagen didirikan pada 18 September 2015 dengan lima orang pencetus/pendiri yaitu :
1.      Martua Arifiani
2.      Wildan Purnaditto
3.      Pratama Endrian
4.      Hengki Nugraha
5.      Septyan Kartadirja
Jam buka La Bagen roti bakar :
·         Minggu : 15.00-02.00
·         Senin    : tutup
·         Selasa   : 15.00-00.00
·         Rabu     : 15.00-00.00
·         Kamis   : 15.00-00.00
·         Jum’at : 15.00-02.00
·         Sabtu   : 15.00-02.00

IV. MANAJEMEN KEUANGAN
La bagen roti bakar mempunyai 5 orang karyawan, dan untuk omset/ pendapatan perhari sekitar 20 juta sedangkan untuk perbulannya sekitar 500-700 juta.  La Bagen Roti Bakar sendiri mempunyai harga menu sendiri yaitu :


V. PENGARUH TERHADAP OTONOMI DAERAH :
·         Memberi lahan kerja untuk masyarakat sekitar
·         Selalu meyakinkan konsumen termasuknya anak-anak muda untuk nongkrong serta berkumpul dengan sahabat atau keluarga karena adanya WIFI



9.BEBEK GORENG H.SLAMET


I. PROFILE
Nama Pemilik : H.Slamet Raharjo
Ruko Taman Galaxy, Jl. Pulo Ribung, Bekasi Selatan, Bekasi
021 8222966
II. SEJARAH BERDIRINYA
Kurang lebih 25 tahun, H Slamet Raharjo (62) bersama istri tercinta Hj. Baryatin menggeluti usaha rumah makan bebek goreng sambel korek.  Dengan modal awal sekitar Rp 10.000,- di tahun 1986, Slamet dan Baryatin yang semula hanya sekedar coba-coba jualan bebek goreng di jalan raya Kartasura Solo, kini di tahun 2011 usaha bebek goreng H Slamet berkembang pesat, sudah memiliki 39 cabang.
Menu andalannya adalah bebek goreng, dengan menggunakan bebek apkiran artinya, bebek yang sudah memasuki usia dua tahun dan sudah bertelur sebanyak empat kali. Pilihan bebek apkiran, lantaran bebek yang sudah usia dua tahun tergolong dagingnya tak mudah hancur ketika di masak, sehingga bumbunya meresap dan daging bebeknya terasa empuk dan renyah.


III. MANAJEMEN KEUANGAN
“ saya gak tau banyak mas , setahu saya keuntungan disini sebagian besarnya disumbangin mas buat Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an, putra dan putri di kampung Sedahromo Lor, Kartasura. Itu pesantren yang pak haji buat sama ibu mas di solo. Terus setau saya juga sering dari tiap cabang itu buat disumbangin ke panti asuhan , tapi itu tugas manajer mas . segitu aja sih mas yang saya tau “
Keuntungan yang diraih ditiap cabang Bebek Goreng H.Slamet mencapai 55-60 juta perbulan. “ wah , sebenernya sih beda-beda mas cuman kalo disini sih 57 mas. Kalo saya gak salah rata-rata dicabang yang lain tuh 55-60an mas “ ujar si pegawai yang kami wawancarai.
HARGA : Bila memesan 1 bebek wuluh harganya Rp 60.000,-, dada ; rp 13.000,- paha ; rp 12.000,- rampelo ati ; rp 6.000,- kepala ; rp 6.000,- dan ceker ; rp 5000.

IV. PENGARUH TERHADAP OTONOMI DAERAH
Banyak yang tadinya merupakan pengangguran/pekerja serabutan didaerah tersebut yang menjadi memiliki pekerjaan. Dan menambah destinasi kuliner didaerah-daerah cabang.



10.COOL VAPE STORE




I. VISI DAN MISI
Visi :
Menjadikan vape sebagai pengganti rokok karna notabennya rokok elektrik lebih tidak berbahaya 98% disbanding rokok konvensional menurut penelitian.
Misi :

  •          Menjadikan coolvapestore memiliki banyak cabang supaya vapers (sebutan pengguna vape) didaerah lain bisa menikmati layanan dari kami.
  •      Membuat coolvapestore sebagai acuan atau tolak ukur bagi toko vape lainnya
  •      Memajukan pandangan masyarakat sekitar tentang vape
  •      Membuat para perokok konvensional menjadi perokok elektrik bukan membuat non perokok menjadi vapers.
-           
II. PROFILE
NAMA PEMILIK : Budi Setiawan
            37 thn  
            0812 9790 2262
III. SEJARAH BERDIRINYA
Pada awal membuka toko online ini si pemilik mengalami kesulitan memasarkan produknya karna pengguna vape ( rokok elektrik ) pada waktu itu masih jarang. Namun dengan adanya isu harga rokok tembakau akan naik pada September 2016 , maka pada saat itulah trend rokok elektrik mulai naik dan akhirnya banyak yang tadinya perokok konvensional menjadi perokok elektrik . Akhirnya pada desember 2016 Om Buday sapaan akrab sang pemilik memberanikan diri membuka toko offline di Jl. Raya Mekar Sari , bekasi . Keuntungan : omset perbulan mencapai 40-50 juta.
IV. PENGARUH TERHADAP OTONOMI
1. Dampak otonom yang dihasilkan adalah mengurangi pengangguran karna menjadi pegawai di toko vape dia
2. Menambah / ikut mensukseskan produsen liquid lokal. Karna di coolvape store banyak bekerja sama dengan pengusaha liquid lokal.




BAB IV
PENUTUP

KESIMPULAN

            Dari pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa mengelola Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat diperlukan bagi kelancaran dan pengembangan suatu usaha, karena apabila si pemilik usaha melakukan pengelolaan dengan baik maka usaha tersebut dapat terkoordinir berjalannya hasil yg efektif dan efisien.
Pembangunan UMKM adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat, namun dalam kebersamaan itu harus ada lembaga yang khusus bertanggung jawab untuk mengkoordinir dan melaksanakan semua kegiatan yang berkaitan dengan pertumbuhan dan pengembangan UMKM yaitu suatu badan yang berfungsi untuk mengatasi masalah-masalah internal dan masalah eksternal.  Untuk itu perlu penataan dan penyempurnaan kebijakan yang ada sekarang kepada kebijakan dan pelaksanaan yang lebih terkordinatif, terintegrasi dan berkesinambungan. Kebijakan ini tentunya harus diikuti dengan komitmen yang kuat dari pemerintah. Tanpa komitmen yang kuat pembangunan UMKM tidak mempunyai arti.

SARAN

            Adapun saran yang terdapat dalam makalah ini adalah bahwa mengelola Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat penting diperhatikan karena apabila mengelola UMKM dengan baik terutama dalam segala bidang dalam pengembangan suatu usaha maka akan memberikan keuntungan yang baik baik suatu usaha, dan dapat memperluas usaha.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar