Tugas 2
PENGARUH UMKM TERHADAP OTONOMI DAERAH
PENGARUH UMKM TERHADAP OTONOMI DAERAH
Disusun oleh :
1EB17
Kelompok 07
Dosen : Antoni, SE., MM
Nama Kelompok :
- Selfi Damayanti (26216894)
- Sonny Armansya (27216127)
- Syaras Ayuning Tyas (27216249)
- Wafa Atika Warsono (27216576)
- ` Wicaksono Bagus Kurniawan (27216621)
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2017
ABSTRAK
Usaha Mikro Kecil dan
Menengah disingkat UMKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke
jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000
tidak termasuk tanah dan bangunan tempat
usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri. UMKM merupakan sektor usaha
yang bersentuhan langsung dengan aktifitas ekonomi rakyat sehari-hari. UMKM
bahkan ada yang tidak pernah mengalami sentuhan manajemen usaha, segala
sesuatunya berjalan begitu saja, sebagai suatu wujud komitmen untuk menghidupi
keluarga, melayani sesama, memberikan pekerjaan kepada saudara atau tetangga.
Tak heran sektor ini paling sering dikelompokkan sebagai yang tidak bankable
(tidak memenuhi syarat untuk dilayani kredit perbankan).
Usaha Mikro kecil dan menegah
(UMKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara
ataupun daerah, termasuk di Indoesia. Usaha kecil dan menengah ini sangat
berperan dalam penyerapan tenaga kerja dan UMKM juga sangat produktif dalam
menghasilkan tenaga kerja baru dan dapat menambah jumlah unit usaha baru yang
mendukung pendapatan rumah tangga dari UMKM tersebut. Usaha kecil menengah juga
memiliki fleksibilitas usaha yang bagus jika dibandingkan usaha yang
berkapasitas besar. Dulu UMKM belumlah mendapat perhatian yang penuh dari
pemerintah, tapi sekarang pemerintah sedang menggalakkan program-program untuk
peningkatan UMKM yang ada di Indonesia serta memberikan perhatian
yang khusus kepada UMKM tersebut.
Kata kunci : UMKM, Penyerapan tenaga kerja,
pendapatan, peningkatan UMKM
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga
dapat menyelesaikan UMKM.
Tugas ini
disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Perekonomian Indonesia dan Dalam tugas
ini tersaji tentang Ruang lingkup Usaha mikro kecil dan menengah Tugas ini
diharapkan dapat menambah wawasan tentang pengertian Usaha mikro kecil dan
menengah.
Kami tahu bahwa tugas yang kami buat ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena
itu, setiap kritik dan saran dari pembaca sangat kami harapkan guna perbaikan
paper ini.
Kritik
dan saran dari semua pihak yang sifatnya membangun untuk penyempurnaan paper
ini,selalu kami nantikan.akhirnya semoga tugas ini bermanfaat bagi kita semua.
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
UMKM (Usaha Mikro
Kecil Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian
Indonesia.Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru,UMKM juga
berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis moneter tahun
1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam
mengembangkan usahanya. Saat ini, UMKM telah berkontribusi besar pada
pendapatan daerah maupun pendapatan Negara Indonesia.
UMKM
merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang pendiriannya berdasarkan
inisiatif seseorang. Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa UMKM hanya
menguntungka pihak-pihak tertentu saja. Padahal sebenarnya UMKM sangat
berperan dalam mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia. UMKM
dapat menyerap banyak tenaga kerja Indonesia yang masih
mengganggur. Selain itu UMKM telah berkontribusi besar pada pendapatan
daerah maupun pendapatan negara Indonesia.
UMKM juga
memanfatkan berbagai Sumber Daya Alam yang berpotensial di suatu daerah yang
belum diolah secara komersial. UMKM dapat membantu mengolah Sumber Daya
Alam yang ada di setiap daerah. Hal ini berkontribusi besar terhadap
pendapatan daerah maupun pendapatan negara Indonesia.
1.2 Rumusan
Masalah
Dari latar belakang masalah diatas
dapat dirumuskan rumusan masalah sebagai berikut :
- Apa Pengertian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah?
- Bagaimana Ciri-ciri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah?
- Bagaimana Kriteria Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang sukses?
1.3 Tujuan
Tujuan dari disusunnya makalah ini adalah
agar pembaca :
- Dapat mengetahui pengertian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
- Ciri-ciri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
- Kriteria Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
- Kriteria Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang Sukses.
- Contoh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang Sukses.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 KAJIAN TEORI
2.1.1 Pengertian UMKM
UMKM adalah singkatan dari usaha mikro, kecil, dan
menengah. UMKM adalah salah satu bagian penting dari perekonomian suatu
negara maupun daerah, begitu juga dengan
negara Indonesia UMKM ini sangat memiliki peranan penting dalam
lajunya perekonomian masyarakat. UMKM ini juga sangat membantu
negara/pemerintah dalam hal penciptaan lapangan kerja baru dan
lewat UMKM juga banyak tercipta unit unit kerja baru yang menggunakan
tenaga-tenaga baru yang dapat mendukung pendapatan rumah tangga. Selain dari
itu ukm juga memiliki fleksibilitas yang tinggi jika dibandingkan dengan usaha
yang berkapasitas lebih besar. UMKM ini perlu perhatian yang khusus dan di
dukung oleh informasi yang akurat, agar terjadi link bisnis yang terarah antara
pelaku usaha mikro, kecil dan menengah dengan elemen daya saing
usaha, yaitu jaringan pasar.
Pengertian
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah menurut Undang- Undang Nomor 20 Tahun
2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah :
· Usaha
Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha
perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang
ini.
· Usaha
Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh
orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau
bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik
langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang
memenuhi kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini.
· Usaha
Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan
oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan
atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik
langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau usaha besar dengan
jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam
Undang-Undang ini.
2.1.2 Ciri-ciri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)
a. Ciri-ciri Usaha Mikro
·
Jenis barang/komoditi usahanya
tidak selalu tetap, sewaktu-waktu dapat berganti;
·
Tempat usahanya tidak selalu
menetap, sewaktu-waktu dapat pindah tempat;
· Belum melakukan administrasi
keuangan yang sederhana sekalipun, dan tidak memisahkan keuangan keluarga
dengan keuangan usaha;
· Sumber daya manusianya
(pengusahanya) belum memiliki jiwa wirausaha yang memadai;
· Tingkat pendidikan rata-rata relatif sangat rendah;
· Umumnya belum akses kepada perbankan, namun sebagian
dari mereka sudah akses ke lembaga keuangan non bank;
· Umumnya tidak memiliki izin usaha atau persyaratan
legalitas lainnya termasuk NPWP.
· Perputaran usaha (turn over)
cukup tinggi, kemampuannya menyerap dana yang mahal dan dalam situasi krisis
ekonomi kegiatan usaha masih tetap berjalan bahkan terus berkembang;
· Tidak sensitive terhadap suku
bunga;
· Tetap berkembang walau dalam
situasi krisis ekonomi dan moneter;
· Pada umumnya berkarakter jujur,
ulet, lugu dan dapat menerima bimbingan asal dilakukan dengan pendekatan yang
tepat.
b. Ciri-ciri Usaha Kecil
b. Ciri-ciri Usaha Kecil
· Jenis barang/komoditi yang diusahakan umumnya sudah
tetap tidak gampang berubah;
· Lokasi/tempat usaha umumnya sudah menetap tidak
berpindah-pindah;
· Pada umumnya sudah melakukan administrasi keuangan
walau masih sederhana, keuangan perusahaan sudah mulai dipisahkan dengan
keuangan keluarga, sudah membuat neraca usaha;
· Sudah memiliki izin usaha dan persyaratan legalitas
lainnya termasuk NPWP;
· Sumberdaya manusia (pengusaha) memiliki pengalaman
dalam berwira usaha;
· Sebagian sudah akses ke perbankan dalam hal keperluan
modal;
· Sebagian besar belum dapat membuat manajemen usaha
dengan baik seperti business planning.
c. Ciri-ciri Usaha Menengah
· Pada umumnya telah memiliki manajemen dan organisasi
yang lebih baik, lebih teratur bahkan lebih modern, dengan pembagian tugas yang
jelas antara lain, bagian keuangan, bagian pemasaran dan bagian produksi;
· Telah melakukan manajemen keuangan dengan menerapkan
sistem akuntansi dengan teratur, sehingga memudahkan untuk auditing dan
penilaian atau pemeriksaan termasuk oleh perbankan;
· Telah melakukan aturan atau pengelolaan dan organisasi
perburuhan, telah ada Jamsostek, pemeliharaan kesehatan dll;
· Sudah memiliki segala persyaratan legalitas antara
lain izin tetangga, izin usaha, izin tempat, NPWP, upaya pengelolaan lingkungan
dll;
·
Sudah akses kepada sumber-sumber pendanaan perbankan;
·
Pada umumnya telah memiliki sumber daya manusia yang
terlatih dan terdidik.
2.1.3 Kriteria UMKM yang Sukses
Ø Uang yang mencari kita, bukan kita mencari uang. Maksudnya adalah ketika
mendirikan usaha, konsumen yang datang mencari produk. Bukan produk ditawarkan
untuk memperoleh konsumen.
Ø Jumlah pembeli terus bertambah.
Ø Jumlah omzet terus meningkat.
Ø Penghasilan dapat menutup biaya operasional.
Ø Dapat menyisihkan laba untuk mengembangkan usaha.
Ø Dapat mendelegasikan tugas.
Ø Jumlah unit usaha terus bertambah.
Ø Mampu menyejahterakan pemilik usaha.
Ø Diakui dan atau memiliki prestasi.
BAB III
HASIL PENELITIAN
1. PISCOK MELEERR
I. VISI DAN MISI
VISI
1.
Menjadikan usaha piscok meler ini lebih berkembang
2.
Dapat membuka cabang cabang di lain tempat agar para para
pencinta piscok meler dapat menjangkau kami
MISI
1.
Menjadikan piscok meler menjadi makanan unik dan berkualitas
2.
Mengenalkan pada masyarakat pada piscok meler adalah makanan praktis yang mudah
untuk di bawah.
II. PROFILE
BIOGRAPHY USAHA
Pemilik
: Pak Andi
Di
dirikan : 2015
Harga
:Rp. 2000/pcs
BIOGRAPHY PEMILIK
Nama : Pak Andi
Umur : 24
No Hp :
085864947655
III. SEJARAH BERDIRINYA
Piscok
meleer berdiri pada tahun 2015,yang didirikan oleh pak Andi.sebelumnya pak Andi
seorang karyawan piscok meleer,pada suatu perusahaan piscok yang kantor
pusatnya di Pasar baru Bekasi.pada saat itu ada 25 rekan kerjanya yang menjadi
karyawan di perusahaan tersebut dan perusahaan meminjamkan grobaknya ke pada
setiap karyawan.saat itu pak Andi di utus oleh perusahaan untuk berjualan di
jalan sedap malam taman galxy.
Satu tahun berlalu Omset perusahaan
menurun,yang mengakibatkan perusahaan harus memberhentikan karyawanan dan
menjual grobaknya.karna pak Andi berhenti menjadi karyawan,pak Andi pun saat
itu membeli grobak perusahaannya.kebetulan pak Andi selama kerjanya nabung dan
uang yang di tabung di jadikan modal bukak piscok meleerr sendiri di tempat yang
sama yaitu jl sedap malam,taman galaxy.
IV. MANAJEMEN KEUANGAN
Piscok pak Andi sehari laku 120/pcs,dengan
penghasilan sehari RP. 200.000.yang setiap bulannya penghasilan pak Andi Rp.
7.200.000 selama pak Andi jualan omset nya naik yang dulunya hanya laku
80/pcs,kemudian 100/pcs dan alhamdulillah sekarang laku 120/pcs.
V. PENGARUH TERHADAP OTONOMI DAERAH
1.
Jalan menjadi rame karna di sekitar pak Andi jualan banyak orang yang berjualan
2.
Bisa mengenalkan pada masyarakat bahwa piscok bisa mempunyai varian lain yaitu
Piscok Meleerr dengan ciri kas coklat yang Meleer di mulut.
2.SUICIDE ANTHEM
I. VISI DAN MISI
Visi
: Membangun umkm ini
menjadi salah satu usaha dibidang fashion/clothing
store yang selalu terupdate dan dapat dipercaya
Misi :
1. Memberikan pelayanan yang baik kepada para konsumen
2. Menampilkan fashion-fashion yang menginspirasi
3. Menjadi usaha fashion yang selalu update terhadap perkembangan kemajuan zaman
4. Memberikan kualitas barang terbaik
5. Menawarkan harga-harga yang sesuai dengan kualitas barang
1. Memberikan pelayanan yang baik kepada para konsumen
2. Menampilkan fashion-fashion yang menginspirasi
3. Menjadi usaha fashion yang selalu update terhadap perkembangan kemajuan zaman
4. Memberikan kualitas barang terbaik
5. Menawarkan harga-harga yang sesuai dengan kualitas barang
II. PROFILE
Alamat : Jl. Sedap Malam Blok L No.15/16 dekat gapura Grand Galaxy City,
Jaka Setia, Taman Galaxy-Bekasi, Jawa Barat, 17147, Indonesia.
No. Telp :
+62 813-1700-8526
Email :
suicide_atm@yahoo.com
III. SEJARAH PERUSAHAAN
Clothing
store ini didirikan pada tanggal 29 Januari 2007, usaha ini merupakan usaha
perseorangan atau didirikan bukan oleh suatu badan usaha. Awalnya clothing
store ini hanya mempunyai 1 cabang saja namun seiring berubahnya zaman dan
semakin trendynya fashion-fashion yang konsumen inginkan maka sekarang clothing
store ini sudah mempunyai 3 cabang di 3 kota besar yaitu di Bekasi, Bogor dan
Purwakarta dengan rata-rata omset sebesar Rp.50jt/bulan. Clothing brand ini
tidak hanya menjual di store saja namun sudah terkenal bahkan mudah dan
seringkali kita temukan dalam kegiatan bazar atau expo clothing community.
IV. MANAJEMEN KEUANGAN
Sumber
perolehan dana yang paling utama dari awal berdirinya clothing store ini adalah
dari dana pribadi pemilik (modal pemilik). Penggunaan dana dari modal awal yang
ada digunakan untuk membeli bahan-bahan untuk kegiatan tekstil membuat baju,
topi, sweater dll. Penggunaan dana ini juga digunakan untuk jangka panjang dan
jangka pendek. Penggunaan jangka panjangnya antara lain digunakan untuk membeli
peralatan dalam membuat barang yang akan dijual seperti mesin jahit, alat
pemotong bahan, CCTV, komputer, dll. Sedangkan penggunaan dana jangka pendeknya
antara lain untuk membeli bahan, benang, gaji karyawan, dll. Selanjutnya
kegiatan dalam manajemen keuangan ini yaitu pengelolaan aset, setelah store ini
mengeluarkan dana untuk keperluan produksinya maka harus ada sisa dana atau
dana yang harus disimpan sebagai bentuk investasi, perbaikan alat yang rusak
dan untuk pengelolaan aset lainnya (aktiva).
V. PENGARUH TERHADAP
OTONOMI DAERAH
Clothing
store ini mempunyai beberapa dampak yang dapat mempengaruhi otonomi daerah
dilingkungan dimana store tersebut dibuka, antara lain :
- Mengurangi tingkat pengangguran, store ini mengambil para pemuda dilingkungan tersebut yang mungkin sudah lama menjadi pengangguran dan sekarang bisa bekerja di store ini.
- Pemilik harus meminta izin terlebih dahulu kepada pemerintah daerah setempat
- Mampu memajukan daerah tersebut
- Meningkatkan pendapatan daerah tersebut
- Membuat daerah yang ditempati menjadi ramai dan banyak dikunjungi oleh masyarakat luas
3.KUE SAMIR ANIS TEGAL
I. VISI DAN MISI
VISI
Menjadikan usaha ini lebih berkembang dan dapat membuka
cabang cabang di lain tempat agar para para pencinta kue samir dapat menjangkau kami
MISI
1. Mempertahankan citra rasanya
2. Selalu ingin memberikan beberapa citra rasa baru untuk membuat konsumen tidak bosan dengan rasa ya
telah ada
3. Selalu ingin memberikan yang terbaik bagi pecinta kuliner kue samir
II. PROFILE
BIOGRAPHY USAHA
Pemilik
: Pak Supardi
Di
dirikan : 2011
Harga
:Rp. 1000/pcs
Rasa
: 1. Pisang
2. Coklat
3. Keju
4. Nanas
5. Stroberry
Alamat : Jl. Ki Mangun Sarkoro (Depan SDIT Salsabila
Bekasi)
BIOGRAPHY PEMILIK
Nama
: Pak Supardi
Umur
: 30 tahun
III.
SEJARAH BERDIRINYA
Kue
Samir Anis Tegal didirikan pada Maret 2011,yang di dirikan oleh pak
Supardi.sebelumnya pak Supardi belajar kepada kakaknya yang bernama pak Tomirin
yang mempunyai usaha kue Samir Tegal di cikarang dan jln juanda stasiun
bekasi.setelah pak Supardi selesai belajar masak kue samir,pak supardi di
cariin tempat oleh kakaknya di jl. Ki mangun sarkoro.nama kue samir Anis tegal
di ambil dari nama anak pak Supardi yang bernama Anis dan tegal berasal dari
daerah asal pak Supardi.
Sekarang
pak Supardi kerja sama bersama kakaknya,yaituh untuk daerah ki mangun sarkoro
kalau ada pesanan ultah atau pesta itu yang ambil pak supardi.walaupun orang
mesannya kepada pak Tomirin tapi tetap pak Tomirin ngasih ke pak Supardi.begitu
juga kalau ada orang yang mesan ke pak Supardi untuk daerah cikarang atau
stasiun Bekasi,maka pak supardi kasih ke kakaknya.
IV. MANAJEMEN KEUANGAN
Kue samir pak Supardi penghasilannya
setiap hari kurang lebih Rp. 200.000 dengan omset jualannya sekitap bulan
kurang lebih Rp. 6.000.000 /bulan.dan beberapa bulan ini omset pak supardi
terus naik.
V. PENGARUH TERHADAP
OTONOMI DAERAH
1. Bisa bantu masyarakat dalam menyiapkan makanan
dalam acara ultah,resepsi pernikahan dan acarah lain lainnya.
2. Bisa melihatkan kepada masyarakat sekitar usaha
baru dalam bidang jajanan kuliner.
4.IPPO FRIED CHICKEN
I. VISI DAN MISI
Visi :
Menjadi
usaha fried chicken dengan pelayanan terbaik dengan mewujudkan produk IPPO Fried
Chicken yang digemari masyarakat dengan produk yang unik, halal, nikmat, serta
memberikan kepuasan kepada pelanggan yang merupakan hal utama bagi kami.
Misi :
Mewujudkan produk IPPO Fried Chicken yang
inovatif,dan berkualitas dengan harga yang berpatutan, membangun dan membina
hubungan kerjasama dengan usaha, lembaga
dan pihak-pihak lain berdasarkan prinsip saling mendukung dan menguntungkan.
II.PROFILE
Nama
: IPPO Fried Chicken
Pemilik : H. Hidayat Widyatmo
Berdiri
: Desember 2006
Alamat : Ruko prima harapan regency Blok C3 Kota Bekasi
Telepon
: 021-88863888
Jenis Usaha
: Bisnis Makanan
III. SEJARAH
BERDIRINYA
Sebelumnya bisnis ayam crispy atau ayam
chicken atau ayam yang diusap dengan terigu kering didominasi oleh
restoran-restoran cepat saji, seperti texas fried chicken, Kentucky fried
chicken, atau Mcdonald. Meskipun dilihat dari segi cita rasa dan penampilan
memang enak dan menarik sehingga menarik nilai jual yang tinggi, namun
rata-rata harganya mahal sehingga tidak semua orang bisa menikmatinya. Atas
pemikiran ini, bpk. Hidayat mulai berinovasi dengan menciptakan ayam crispy
yang menyerupai merek-merek diatas yang diberi nama IPPO Fried Chicken dengan
harga yang lebih murah agar dapat dinikmati semua kalangan.
Berdirinya Ippofc dilatarbelakangi oleh
pemberhentian tenaga kerja oleh sebuah perusahaan. Sosok yang diberhentikan
tersebut tidak lain adalah sang pendiri perusahaan, yaitu bpk. Hidayat. atau lebih tepatnya melakukan pengunduran diri. beliau
mengaku mempunyai perbedaan pendapat dengan atasannya. Perbedaan pendapat
tersebut menjadi alasan pengunduran diri. Selepas pengunduran diri tersebut,
beliau mengaku sempat bingung bagaimana caranya menghidupi keluarga. Lalu
terlintas dalam pikiran nya untuk mendirikan sebuah usaha makanan cepat saji
yaitu Fried Chicken yang diberi nama IPPO
Fried Chicken. IPPOFC didirikan pada tahun 2006, pada saat itu IPPOfc hanya
memiliki 1 cabang di Wisma Asri depan sekolah Mutiara. Tapi sekarang sudah
mencapai lebih dari 20 cabang. Outlet-outlet tersebut tersebar hingga ke Bogor,
dan Cikarang. Outlet-outlet tersebut terus bertambah dan menjamah daerah-daerah
terpencil.
Produk yang ditawarkan oleh IPPO Fried Chicken termasuk produk yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat yaitu berupa Ayam goreng tepung atau yang lebih dikenal dengan sebutan Fried Chicken, kentang goreng, chicken burger.
Menu yang ditawarkan :
IV. MANAJEMEN KEUANGAN
Modal usaha yang dikeluarkan berasal
dari modal pribadi. Modal tersebut digunakan untuk belajar membuat fried
chicken, membeli peralatan seperti deep fryer, gas cooker, perlengkapan
memasak, penghangat nasi dan mengorder kertas laminasi serta bahan-bahan lain
yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha. Pihak manajemen keuangan juga
mengelola yang dibantu oleh tenaga kerja chasier sebagai orang yang mencatat transaksi.
Jadi hal pertama yang dilakukan adalah mencatat segala pengeluaran dan
pendapatan disetiap akhir bulan, dari pencatatan tersebut dapat mengetahui transaksi apa saja
yang telah terjadi pada 1 bulan ini atau setiap bulannya. Dari keuntungan yang didapat digunakan untuk membuka cabang baru.
Pemasukan :
Omzet rata - rata/hari = Rp. 550.000
Omzet rata - rata/bulan = Rp. 16.500.000
V. PENGARUH TERHADAP
OTONOMI DAERAH
Memberi lahan untuk para pencari kerja
agar dapat mengurangi tingkat pengangguran, dapat meningkat jumlah tenaga
kerja, mengurangi tingkat kemiskinan khususnya di daerah sekitar (IPPO Fried
Chicken).
5.LONDRE
I. VISI DAN MISI
Visi : Menjadi sebuah badan usaha umkm yang
memiliki tanggung jawab dan memberi pelayanan yang baik untuk para konsumen
Misi :
- Memberikan pelayanan yang baik sesuai keinginan konsumen
- Menawarkan harga yang pas untuk konsumen
- Membantu konsumen mengefisienkan pekerjaan rumah tangga
- Membuat konsumen percaya akan jasa yang diberikan
II. PROFILE PERUSAHAAN
Alamat
: PT. Italindo Citramodern
Jl. Taman Aster Blok L5 No.12, Taman
Galaxy-Bekasi, 17147, Jawa Barat, Indonesia
Telp
: +81 28-958-0707 atau (021) 74632333
Fax
: (021) 74635495
III. SEJARAH
PERUSAHAAN
Londre laundry ini didirikan tahun 2009, usaha ini
merupakan usaha yang didirikan oleh perseroan terbatas (PT). Pusat laundry ini
ada di Ciputat Tangerang Selatan, namun saat ini umkm dibidang jasa ini sudah
membuka cabang diberbagai daerah. Diperkirakan sudah sampai puluhan bahkan
ratusan cabang diseluruh daerah di Indonesia. Mayoritas londre ini berada
didaerah perumahan dan perkotaan yang biasanya masyarakatnya sibuk dan tidak
mau repot, diperkirakan omset yang dicapai tiap bulannya sekitar 50-60jt.
Laundry ini akan terus berinovasi dan mungkin akan lebih banyak membuka cabang
lagi.
IV. MANAJEMEN KEUANGAN
Sumber perolehan dana yang paling utama dari awal
berdirinya londre laundry ini adalah dari dana gabungan para pemil atau badan
usaha yang berbentuk perseroan terbatas (PT). Penggunaan dana dari modal awal
yang ada digunakan untuk membeli aset-aset yang penting yang sangat diperlukan
terlebih dahulu. Penggunaan dana ini juga digunakan untuk jangka panjang dan
jangka pendek. Penggunaan jangka panjangnya antara lain digunakan untuk membeli
peralatan dalam membuat barang yang akan dijual seperti mesin cuci, alat
setrika, AC, kipas, mesin kasir, dll. Sedangkan penggunaan dana jangka
pendeknya antara lain untuk membeli pewangi pakaian, pembersih pakaian, dll.
Selanjutnya kegiatan dalam manajemen keuangan ini yaitu pengelolaan aset,
setelah laundry ini mengeluarkan dana untuk keperluan produksinya maka harus
ada sisa dana atau dana yang harus disimpan sebagai bentuk investasi, perbaikan
alat yang rusak dan untuk pengelolaan aset lainnya (aktiva).
V. PENGARUH TERHADAP OTONOMI DAERAH
Londre laundry ini mempunyai beberapa
dampak yang dapat mempengaruhi otonomi daerah dilingkungan dimana store
tersebut dibuka, antara lain :
- Mengurangi tingkat pengangguran, londre ini mengambil para pemuda dilingkungan tersebut yang mungkin sudah lama menjadi pengangguran dan sekarang bisa bekerja di store ini.
- Pemilik harus meminta izin terlebih dahulu kepada pemerintah daerah setempat
- Mampu memajukan daerah tersebut
- Meningkatkan pendapatan daerah tersebut
- Membantu mengefisienkan pekerjaan rumah tangga dilingkungan yang ditempati
- Menjaga lingkungan daerah setempat
- Memanfaatkan SDA dan SDM dengan baik dan benar
6.PACCO CUCI STEAM
I. VISI DAN MISI
Visi :
Menjadikan
“Pacco” menjadi salah satu usaha
jasa dibidang cuci motor yang paling maju, produktif, dan berkompetitif di
Indonesia.
Misi :
1. Memberi
pelayan prima pada konsumen.
2. Menciptakan
tenaga kerja yang ahli dan kompeten dalam bidangnya, serta memiliki
iman dan taqwa, ilmu pengetahuan.
3. Memperluas
lapangan kerja untuk kemakmuran masyarakat sekitar “Pacco” pada
khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.
II. PROFILE
Nama :
Pacco Cuci Steam
Pemilik :
Bagas
Berdiri :
Februari 2016
Alamat :
Jl. Mekar Sari No.28, Bekasi Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat
Telepon :
087788746411
Jenis Usaha :
Usaha Jasa ( Cuci Motor ), serta cafe
III. SEJARAH BERDIRINYA
Usaha cuci steam “Pacco” terletak di Jl.
Mekarsari No.28 Bekasi Timur, yang didirikan oleh Bapak.Bagas pada tahun 2016. Cuci
steam dinilai “sangat tepat untuk sebuah pemilihan usaha yang cukup
menjanjikan” menurut beliau ujarnya. Alasannya karena Pengguna sepeda motor di
Indonesia semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun, khususnya di daerah
Bekasi. Pada permulaan pembentukan usaha ini “Pacco” hanya
memiliki 3 orang Karyawan dan hanya bergerak dalam pencucian sepeda motor saja.
Akan tetapi setelah mengalami kemajuan dalam usahanya, maka beliau berusaha
untuk memperluas bidang usahanya dengan menambahkan cafe yg terletak di
lantai 2.
IV.MANAJEMEN KEUANGAN
Modal usaha dari dana pribadi, untuk
membeli peralatan cuci. Membuat anggaran arus kas dengan mencatat setiap dana
yang masuk dan keluar. Memisahkan antara uang pribadi dengan keuangan cuci
steam. Melakukan penentuan harga sesuai dengan dana yang di keluarkan dan juga
menyesuaikan dengan harga pasar
Pemasukan :
Omzet rata – rata /hari = 30 motor x Rp. 15.000 = Rp. 450.000
Omzet rata – rata /bulan = Rp.13.500.000
V. PENGARUH TERHADAP
OTONOMI DAERAH
Memberikan kesempatan kerja, selain itu
juga dapat memberdayakan masyarakat sekitar dengan menyediakan lapangan
pekerjaan, sehingga mampu meningkatkan taraf hidup mereka
7.JAKCLOTH
STORE
I. VISI DAN MISI
Visi:
1. berusaha memberikan yang terbaik dalam usaha clothing guna memuaskan konsumen,sehingga distro kami lebih unggul.
2. menyediakan kwalitas barang/produk yang unggulan dan bersaing dengan mutu terbaik.
3. memenuhi dunia fashion anak muda dan khususnya pecinta clothing distro.
Misi:
1. menghasilkan produk terbaik dan berkwalitas,sehingga banyak konsumen yang minat.
2. menyakinkan konsumen dengan memberikan pameran distro dalam tiap bulan guna baju/clothing yang terbaru.
3. pantang menyerah demi kemajuan dan kepuasan konsumen.
1. berusaha memberikan yang terbaik dalam usaha clothing guna memuaskan konsumen,sehingga distro kami lebih unggul.
2. menyediakan kwalitas barang/produk yang unggulan dan bersaing dengan mutu terbaik.
3. memenuhi dunia fashion anak muda dan khususnya pecinta clothing distro.
Misi:
1. menghasilkan produk terbaik dan berkwalitas,sehingga banyak konsumen yang minat.
2. menyakinkan konsumen dengan memberikan pameran distro dalam tiap bulan guna baju/clothing yang terbaru.
3. pantang menyerah demi kemajuan dan kepuasan konsumen.
II. PROFIL PERUSAHAAN
Alamat :
Jl. Taman Galaxy Blok. A No.39, Jaka Setia
Bekasi , 17124
III.
SEJARAH BERDIRINYA
JakCloth pertamakali diadakan pada bulan Juli 2009, pada
awalnya, event ini diadakan setahun sekali, sehingga karena antusias besar dari
pengunjung, JakCloth sekarang diadakan 2x dalam setahun, bahkan seringpula
diadakan juga event tambahan berupa Mini JakCloth. Ini menandakan bahwa
sebetulnya minat pengunjung sangat besar akan produk-produk lokal yang sekarang
banyak diproduksi dan dijual.
Selain stand-stand yang menjual produk-produk clothing
dan distro, terdapat pula panggung musik dibeberapa titik, panggung ini juga
diisi oleh penampilan grup-grup band lokal dengan berbagai macam aliran,
tentunya bertujuan untuk menyemarakkan acara dan untuk mengurangi rasa jenuh pengunjung.
Stand-stand yang menjual berbagai macam makan juga menunggu untuk mengisi
perut-perut pengunjung yang lelah setelah berputar-putar. JakCloth mempunyai
banyak cabang diantaranya tebet, bogor, tangerang, bintaro dan salah satunya di
bekasi. Jakcloth yang berlokasi di Jl. Taman Galaxy berdiri pada Mei 2015 dan
nama pendirinya adalah Riyan Iskandar. Jam buka JakCloth senin-minggu pukul
10.00-22.00
IV. MANAJEMEN KEUANGAN
Selama delapan tahun membangun
JakCloth dari nol hingga sukses seperti sekarang ini, ia terus melakukan
perbaikan sana-sini. Hingga 2013, keuangan JakCloth mulai sehat dan stabil dan
mencapai pendapatan tertinggi sebesar Rp3 miliar. Bahkan, setiap
penyelenggaraan JakCloth, bisa meraup untung miliaran rupiah.
V.
PENGARUH TERHADAP OTONOMI DAERAH
·
Setiap tahunnya penghasilan pada UMKM
jakcloth di daerah Taman galaxy terus meningkat
·
Jakcloth selalu menghadirkan musisi dari kalangan Indie, Musisi lokal, sampai musisi
mancanegara
·
Hampir semua brand yang meramaikan event
tahunan Jakcloth selalu membuat produk baru yang di khususkan untuk dijual di
ajang Jakcloth
8.LA BAGEN ROTI BAKAR
I.
VISI DAN MISI
Visi
- Menjadi brand Nasional dan pimpinan pasar usaha Roti bakar di Indonesia
- Memaksimalkan suatu pendapatan dengan meminimalkan pengeluaran
- Menciptakan lapangan kerja bagi mahasiswa ataupun orang biasa
- Menjadi brand Nasional dan pimpinan pasar usaha Roti bakar di Indonesia
- Memaksimalkan suatu pendapatan dengan meminimalkan pengeluaran
- Menciptakan lapangan kerja bagi mahasiswa ataupun orang biasa
Misi
- Menyediakan berbagai variasi produk roti popular yang enak lejat dan unik
- Melakukan berbagai promosi lewat media online seperti : facebook, twitter, dll
- Memberikan faslitas yang memungkinkan bagi kepuasan pelangggan
- Menyediakan berbagai variasi produk roti popular yang enak lejat dan unik
- Melakukan berbagai promosi lewat media online seperti : facebook, twitter, dll
- Memberikan faslitas yang memungkinkan bagi kepuasan pelangggan
II. PROFIL
PERUSAHAAN
Alamat :Jl.
KH. Agus Salim No.66, Bekasi Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat
No. Telp :
081238318659
III.
SEJARAH BERDIRINYA
Berawal dari persahabatan delapan
orang yang sejak duduk di bangku SMP hingga kini masih berlanjut, maka
tercetuslah sebuah ide untuk membuka sebuah Kedai atau Warung Roti Bakar yang
mereka beri nama “LA-BAGEN” yang berlokasi di
Jalan Raya Agus Salim, Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota
Bekasi. Kata “BAGEN” merupakan kata asal dari Bekasi yang
mempunya arti “Biarin”. LA-BAGEN sebuah Warung Roti Bakar
yang menyesuaikan keinginan para kalangan anak muda, khususnya anak muda Kota
Bekasi untuk menghilangan jenuh sambil nongkrong dan bersosialisasi sambil
menikmati berbagai menu hidangan sesuai yang diinginkan. La
Bagen didirikan pada 18 September 2015 dengan lima orang pencetus/pendiri yaitu
:
1.
Martua Arifiani
2.
Wildan Purnaditto
3.
Pratama Endrian
4.
Hengki Nugraha
5.
Septyan Kartadirja
Jam buka La
Bagen roti bakar :
·
Minggu : 15.00-02.00
·
Senin :
tutup
·
Selasa :
15.00-00.00
·
Rabu :
15.00-00.00
·
Kamis :
15.00-00.00
·
Jum’at : 15.00-02.00
·
Sabtu :
15.00-02.00
IV. MANAJEMEN
KEUANGAN
La bagen roti bakar mempunyai 5 orang
karyawan, dan untuk omset/ pendapatan perhari sekitar 20 juta sedangkan untuk
perbulannya sekitar 500-700 juta. La
Bagen Roti Bakar sendiri mempunyai harga menu sendiri yaitu :
V. PENGARUH
TERHADAP OTONOMI DAERAH :
·
Memberi
lahan kerja untuk masyarakat sekitar
·
Selalu
meyakinkan konsumen termasuknya anak-anak muda untuk nongkrong serta berkumpul
dengan sahabat atau keluarga karena adanya WIFI
9.BEBEK GORENG
H.SLAMET
I. PROFILE
Nama Pemilik : H.Slamet Raharjo
Ruko
Taman Galaxy, Jl. Pulo Ribung, Bekasi Selatan, Bekasi
021 8222966
II. SEJARAH BERDIRINYA
Kurang lebih 25 tahun, H Slamet Raharjo
(62) bersama istri tercinta Hj. Baryatin menggeluti usaha rumah makan bebek
goreng sambel korek. Dengan modal awal sekitar Rp 10.000,- di tahun 1986,
Slamet dan Baryatin yang semula hanya sekedar coba-coba jualan bebek goreng di
jalan raya Kartasura Solo, kini di tahun 2011 usaha bebek goreng H Slamet
berkembang pesat, sudah memiliki 39 cabang.
Menu andalannya adalah bebek goreng,
dengan menggunakan bebek apkiran artinya, bebek yang sudah memasuki usia dua
tahun dan sudah bertelur sebanyak empat kali. Pilihan bebek apkiran, lantaran
bebek yang sudah usia dua tahun tergolong dagingnya tak mudah hancur ketika di
masak, sehingga bumbunya meresap dan daging bebeknya terasa empuk dan renyah.
III. MANAJEMEN
KEUANGAN
“ saya gak tau banyak mas , setahu saya
keuntungan disini sebagian besarnya disumbangin mas buat Pondok Pesantren
Tahfidzul Qur’an, putra dan putri di kampung Sedahromo Lor, Kartasura. Itu
pesantren yang pak haji buat sama ibu mas di solo. Terus setau saya juga sering
dari tiap cabang itu buat disumbangin ke panti asuhan , tapi itu tugas manajer
mas . segitu aja sih mas yang saya tau “
Keuntungan yang diraih ditiap cabang
Bebek Goreng H.Slamet mencapai 55-60 juta perbulan. “ wah , sebenernya sih
beda-beda mas cuman kalo disini sih 57 mas. Kalo saya gak salah rata-rata
dicabang yang lain tuh 55-60an mas “ ujar si pegawai yang kami wawancarai.
HARGA : Bila memesan 1 bebek wuluh harganya Rp 60.000,-, dada ; rp 13.000,-
paha ; rp 12.000,- rampelo ati ; rp 6.000,- kepala ; rp 6.000,- dan ceker ; rp
5000.
IV. PENGARUH TERHADAP OTONOMI DAERAH
Banyak yang tadinya merupakan
pengangguran/pekerja serabutan didaerah tersebut yang menjadi memiliki
pekerjaan. Dan menambah destinasi kuliner didaerah-daerah cabang.
10.COOL VAPE STORE
I. VISI DAN MISI
Visi :
Menjadikan vape
sebagai pengganti rokok karna notabennya rokok elektrik lebih tidak berbahaya 98%
disbanding rokok konvensional menurut penelitian.
Misi :
- Menjadikan coolvapestore memiliki banyak cabang supaya vapers (sebutan pengguna vape) didaerah lain bisa menikmati layanan dari kami.
- Membuat coolvapestore sebagai acuan atau tolak ukur bagi toko vape lainnya
- Memajukan pandangan masyarakat sekitar tentang vape
- Membuat para perokok konvensional menjadi perokok elektrik bukan membuat non perokok menjadi vapers.
-
II. PROFILE
NAMA PEMILIK : Budi Setiawan
37
thn
0812 9790 2262
III. SEJARAH
BERDIRINYA
Pada awal membuka toko online ini si
pemilik mengalami kesulitan memasarkan produknya karna pengguna vape ( rokok
elektrik ) pada waktu itu masih jarang. Namun dengan adanya isu harga rokok
tembakau akan naik pada September 2016 , maka pada saat itulah trend rokok
elektrik mulai naik dan akhirnya banyak yang tadinya perokok konvensional
menjadi perokok elektrik . Akhirnya pada desember 2016 Om Buday sapaan akrab
sang pemilik memberanikan diri membuka toko offline di Jl. Raya Mekar Sari ,
bekasi . Keuntungan : omset
perbulan mencapai 40-50 juta.
IV. PENGARUH
TERHADAP OTONOMI
1. Dampak otonom
yang dihasilkan adalah mengurangi pengangguran karna menjadi pegawai di toko
vape dia
2. Menambah /
ikut mensukseskan produsen liquid lokal. Karna di coolvape store banyak bekerja
sama dengan pengusaha liquid lokal.
BAB
IV
PENUTUP
KESIMPULAN
Dari
pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa mengelola Usaha Mikro Kecil dan
Menengah (UMKM) sangat diperlukan bagi kelancaran dan pengembangan suatu usaha,
karena apabila si pemilik usaha melakukan pengelolaan dengan baik maka usaha
tersebut dapat terkoordinir berjalannya hasil yg efektif dan efisien.
Pembangunan UMKM adalah tanggung jawab bersama antara
pemerintah dan masyarakat, namun dalam kebersamaan itu harus ada lembaga yang
khusus bertanggung jawab untuk mengkoordinir dan melaksanakan semua kegiatan
yang berkaitan dengan pertumbuhan dan pengembangan UMKM yaitu suatu badan yang
berfungsi untuk mengatasi masalah-masalah internal dan masalah
eksternal. Untuk itu perlu penataan dan penyempurnaan kebijakan yang
ada sekarang kepada kebijakan dan pelaksanaan yang lebih terkordinatif,
terintegrasi dan berkesinambungan. Kebijakan ini tentunya harus diikuti dengan
komitmen yang kuat dari pemerintah. Tanpa komitmen yang kuat pembangunan UMKM
tidak mempunyai arti.
SARAN
Adapun
saran yang terdapat dalam makalah ini adalah bahwa mengelola Usaha Mikro Kecil
dan Menengah (UMKM) sangat penting diperhatikan karena apabila mengelola UMKM
dengan baik terutama dalam segala bidang dalam pengembangan suatu usaha maka
akan memberikan keuntungan yang baik baik suatu usaha, dan dapat memperluas
usaha.













Tidak ada komentar:
Posting Komentar